Ventura dan Kerjasama

Ventura dan Kerjasama

 

A. Bidang kerjasama, ventura dan hubungan alumni mempunyai tugas pokok sebagai berikut:

  1. Mengorganisir berbagai kerjasama yang dilakukan fakultas baik secara non-akademik.
  2. Mengatur pergerakan seluruh unit usaha fakultas yang ada serta kemungkinan pembukaan unit usaha lainnya yang dapat menghasilkan pemasukan bagi FMIPA UI.
  3. Menyelaraskan dan mempersatukan pusat-pusat penelitian yang ada di fakultas MIPA melalui peran fakultas sehingga menjadi kesatuan puslit sains dan terapan serta kemungkinan pembukaan puslit baru kembali.
  4. Mengorganisir peranan alumni bagi FMIPA dengan berbagai usaha baik berupa kerjasama lembaga/instutusi, sumbangan dana bagi pengembangan FMIPA, maupun yang bersifat hibah, dengan prinsip kesukarelaan dan tidak membebani alumni serta secara hukum dibenarkan baik universitas maupun negara.

B. Penjabaran :

Kerjasama Ventura

  1. Kerjasama ventura dilakukan oleh fakultas dan departemen dalam pengembangan ilmu MIPA baik dalam negeri maupun luar negeri;
  2. Kerjasama ventura dapat bersifat jasa konsultansi, pelatihan, dan lainnya yang dapat memberikan pemasukan bagi fakultas guna pengembangan ke depan.
  3. Kerjasama yang akan berlangsung adalah dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) berupa kerjasama pelatihan dan jasa konsultansi,
  4. Selanjutnya adalah kerjasama dalam penyatuan tim pelatihan olimpiade MIPA (Tim Adhoc : Pusat Pelatihan MIPA : Dosen dan Mahasiswa).
  5. Kerjasama dengan Lemtek UI sedang dijajaki melalui kegiatan yang bersifat pekerjaan.

 

Pemberdayaan Aset

  1. Unit usaha yang ada di fakultas MIPA berupa fasilitas Bank Syariah Mandiri, gerai ATM BNI, Kantin Dallas FMIPA, Cafetaria FMIPA, restoran Dermaga-One, dan student store.
  2. Usaha perbaikan akan dilakukan terhadap Kantin Dallas, restoran Dermaga-one, serta penambahan sejumlah restoran, dan minimarket.
  3. Revitalisasi Pusat Penelitian
  4. Kegiatan Revitalisasi Pusat penelitian yang ada berupa Pusat Kajian Ilmu Material (RCMS), Pusat Sinergi Riset dan Bisnis, Pusat Kajian Strategi Keanekaragaman Hayati (CBS), Pusat Studi Matematika, Komputasi dan Analisis Data (PUSMAKA), Pusat Kajian Resiko dan Keselamatan Kerja (PUSKA RKL), Pusat Studi Kelautan (PSK), Pusat Penelitian Geografi Terapan (PPGT), Pusat Studi Geosains (PSG), Pusat Studi CoE Nano Science & Technology, Pusat Studi CoE Genome Studies dan Pusat Studi CoE Indigenous Biological Resources, dengan memposisikan diri sebagai bagian dari FMIPA UI sehingga seluruh kegiatan pusat-pusat terintegrasi dalam FMIPA UI.