Latar Belakang UKK

Latar Belakang UKK

Tuntutan pasar akan fasilitas laboratorium serta berbagai lembaga penelitian sangatlah besar dalam menghadapi Pembangunan Nasional dewasa ini. Disisi lain Perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan tentunya berkonsentrasi dalam peningkatan kemampuan sumber daya manusia Indonesia yang unggul untuk bersaing dengan Negara lain dalam forum MEA.

Untuk itu diperlukan lembaga yang siap menerima tantangan untuk menjawab berbagai permasalahan tersebut walaupun masih didalam lingkup perguruan tinggi namun berperan sebagai lembaga yang profit oriented (ventura).

Maka didirikanlan Unit Kerja Khusus (UKK) Lembaga Sains Terapan untuk dapat menjawab permasalahan tersebut serta sesuai dengan isi dari amanah Anggaran Rumah Tangga Universitas Indonesia.

Dalam rangka aktualisasi peran Perguruan Tinggi (terutama dalam aspek/dharma pengabdian kepada masyarakat), maka peranan perguruan tinggi sangat penting bagi pihak pemberi kebijakan baik pemerintah maupun swasta dalam pembangunan, dalam bentuk pemberian dan penyediaan layanan jasa konsultan, manajemen yang luas dalam bidang pelatihan dan pelayanan uji laboratorium serta pelayanan jasa sertifikasi keahlian dengan pendekatan multidisiplin.

Lembaga Sains Terapan (LST) didirikan dengan fokus pada kegiatan jasa konsultansi, pelatihan, uji laboratorium dan sertifikasi di bidang sains Terapan. Sebagai lembaga penelitian, Lembaga Sains Terapan (LST) diharapkan mampu berperan sebagai wadah:

  1. Kolaborasi “triple helix” antara periset FMIPA UI – Pemerintah – Industri dalam prosesperancangan bersama (co-designing) dan penemuan bersama (co-inventing) untuk menghasilkan agenda riset dan teknologi unggul (cutting edge technology).
  2. Peningkatan kapasitas para sivitas akademi FMIPA UI melalui pelaksanaan jasa konsultansi, pelatihan, uji laboratorium dan sertifikasi.
  3. Penciptaan inovasi sains untuk memberikan solusi strategis dalam menjawab tantangan pencapaian cita-cita pembangunan berkelanjutan di masa depa