Sarjana Ilmu Aktuaria

Sarjana Ilmu Aktuaria

Misi Program Studi

  • Mendidik mahasiswa agar mampu menyelesaikan masalah ilmu aktuaria.
  • Menerapkan ilmu aktuaria pada industri asuransi dan keuangan.
  • Memberikan konsultasi yang berkaitan dengan bidang aktuaria kepada masyarakat.
  • Mampu bersaing di tingkat regional.

Visi Program Studi

Menjadi program studi yang mampu berperan di tingkat nasional dan regional dalam bidang pendidikan, penelitian, dan terapannya.

Kualifikasi Calon Mahasiswa

Lulusan SMA IPA atau sederajat yang lulus ujian seleksi masuk penerimaan mahasiswa baru serta memenuhi persyaratan seleksi melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur prestasi lain yang diakomodir UI, seperti juara olimpiade sains.

Tujuan

  • Mampu menyelesaikan persoalan teoritis maupun terapan dalam ilmu aktuaria.
  • Mampu belajar secara mandiri dan beradaptasi terhadap perkembangan konsep ilmu aktuaria baik dalam asuransi jiwa, asuransi umum maupun manajemen risiko.
  • Memiliki daya analitis yang kritis dan logis dalam penerapan ilmu aktuaria serta memiliki etika yang baik dalam profesi.
  • Mampu berkomunikasi, dan bertanggungjawab atas bidang ilmu yang dikuasai dalam profesi.

Profil Lulusan

Sarjana yang memiliki kemampuan menganalisis dan menerapkan ilmu aktuaria pada industri asuransi, keuangan, dan industri lainnya, serta memiliki fasilitas pengakuan mata uji profesi Ajun Aktuaris oleh PAI melalui proses penyetaraan.

Gelar Akademik

Mahasiswa yang berhasil menyelesaikan Program Studi S1 Ilmu Aktuaria berhak memperoleh gelar Sarjana Ilmu Aktuaria (S.Aktr).

Kerjasama

Dalam Rangka memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas, Program Studi S1 Ilmu Aktuaria Departemen Matematika FMIPA UI bekerjasama dengan PAI (Persatuan Aktuaris Indonesia), READI (Risk Management, Economic Sustainability, and Actuarial Science Development in Indonesia) dan Prudential Indonesia.

Kontak :

Departemen Matematika

Gedung D, FMIPA UI, Depok 16424

  1. +62 21 7863439,
  2. +62 21 7863439
  3. www.math.ui.ac.id