Visi dan Misi

Visi

Menjadi salah satu pusat unggulan pendidikan dan penelitian terbaik di Asia dalam bidang Ilmu Kimia.
Program Studi Pascasarjana Doktor Ilmu Kimia FMIPA Universitas Indonesia (PSPDIK FMIPA-UI) adalah bagian dari pendidikan tinggi yang menjadi salah satu harapan masyarakat dalam usaha mencapai kemandirian IPTEK bangsa. Pada level pendidikan tinggi dilakukan training sumberdaya manusia agar diperoleh lulusan berjiwa pioneer beserta produk-produk proses akademiknya yang berupa keluaran keilmuan yang menjadi dasar teknologi untuk kemaslahatan masyarakat.

Dalam tataran pendidikan tinggi, program doktor merupakan piramida teratas jenjang formal pendidikan dengan tingkat ketuntasan yang tinggi dan kedalaman proses belajar mengajar suatu disiplin atau sub disiplin ilmu. Dengan semangat dan usaha yang gigih PSPDIK FMIPA-UI secara bertahap terus maju mengembangkan proses pendidikan, penelitian, dan pengabdiannya kepada masyarakat berbasis kegiatan penelitian yang berkualitas.

Saat ini sesuai dengan arah universitas yang menjadikan urban studies sebagai core competency nya, PSPDIK mengembangkan penelitian berbasis (nano) sain dan teknologi untuk mengatasi masalah urban terkait kesehatan, lingkungan, energy, dan diversifikasi bahan atau substitusi import.

Visi dari Program Studi Pascasarjana Doktor Ilmu Kimia didukung oleh keberadaan komitmen kuat pimpinan perguruan (tingkat universitas, fakultas dan departemen), dimana Universitas Indonesia telah melaksanakan usaha kuat menuju Universitas Riset Bertaraf Internasional. Nota komitmen tersebut telah dituangkan didalam Restra mulai dari tingkat universitas sampai tingkat Departemen, dan implementasinya dalam RKAT maupun Program Kerja Tahunannya.

Misi

  1. Menghasilkan lulusan berakhlak tinggi yang mempunyai kompetensi dalam ilmu pengetahuan, sub bidang kimia, yang mampu bersaing di dunia internasional
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan kegiatan penelitian dan inovasi dalam bidang Ilmu Kimia meliputi sub bidang spesialisasi bidang hayati (bahan alam, nano-phase polimer, bioteknologi), non hayati (katalitik, fotokatalitik, metaloxide macromolcule network, sensor).
  3. Mendidik mahasiswa/peserta didik menjadi individu pengambil keputusan dalam berbagai bidang yang berhubungan dengan Ilmu Kimia dan mempunyai kemampuan secara mandiri dengan semangat dan jiwa kepemimpinan yang handal.