Sosialisasi Kebijakan DRPM UI dalam Penerimaan Hibah Riset dan Pengmas

Acara Lunch Talk (11/03/15) yang merupakan agenda kegiatan rutin unit Riset dan Pengabdian pada Masyarakat (RPM) FMIPA UI pada minggu ini terbilang istimewa. Dalam acara Lunch Talk ini memperkenalkan Dr. Djoko Triyono sebagai manager RPM FMIPA UI baru menggantikan Dr. Dede Djuhana yang sekarang menjabat sebagai Kasubdit Perencanaan dan Pengembangan Riset di PAU UI. Selain itu, Lunch Talk minggu ini juga dalam rangka mensosialisasikan kebijakan dari DRPM UI mengenai Penerimaan Pengusulan Proposal Hibah UI 2015 serta komitmen yang terkait dengan penerimaan hibah tersebut.

Tercatat sejumlah 14 Dosen yang mengusulkan Proposal untuk Hibah Riset Awal UI 2015, 11 usulan Proposal Hibah Riset Multidisiplin UI 2015, 3 usulan Proposal Hibah Riset Klaster UI 2015, 17 usulan Proposal Hibah Riset Pasca Sarjana UI 2015, Proposal Hibah Riset Kolaborasi Internasional UI 2015 diusulkan oleh Dr. Wellyzar Sjamsuridzal, 6 usulan Proposal Hibah Riset Kolaborasi Nasional 2015, 2 usulan Proposal Hibah Pengembangan Standarisasi Keamanan Laboratorium UI 2015, 2 usulan Proposal Hibah Kapasitas Pusat Riset Tingkat Fakultas UI 2015, 6 usulan Proposal Hibah Infra Struktur Laboratorium UI 2015, Proposal Hibah Area-Based UI 2015 diusulkan oleh Dr. Mufti Petala Patria, Hibah Kolaborasi Pengabdian pada Masyarakat Ui 2015 diusulkan oleh Dr. Anom Bowo Laksono, dan 4 usulan proposal Pendirian Klaster Riset UI 2015, total usulan proposal Hibah Riset dan PengMas dari seluruh Dosen Peneliti FMIPA UI adalah sejumlah 68 usulan Proposal.

Dalam diskusi yang dikemukakan oleh Manager RPM FMIPA UI mengenai Informasi Seputar Penerimaan Hibah UI 2015, dinyatakan oleh beliau dimana target capaian untuk tahun 2015 ini untuk jumlah proposal penelitian yang diterima oleh DRPM UI minimal mencapai 86 proposal (pada tahun 2014 tercatat sejumlah 79 proposal Penelitian). Sedangkan, target capaian jumlah proposal penelitian FMIPA UI yang didanai oleh DRPM UI pada tahun 2015 ini diharapkan semua proposal yang diajukan layak untuk menerima dana hibah dari DRPM UI (pada tahun 2014 tercatat sejumlah 68 proposal FMIPA UI yang berhasil didanai oleh DRPM UI). Target capaian jumlah publikasi terindeks di Scopus untuk FMIPA UI pada tahun 2015 ini diharapkan dapat mencapai minimal 120 publikasi atau bahkan dapat mencapai 200 publikasi (pada tahun 2014 tercatat sejumlah 64 publikasi FMIPA UI terindeks di Scopus). Target capaian jumlah publikasi peneliti yang menerima hibah pada tahun 2015 diharapkan dapat mencapai 115 publikasi (pada tahun 2014 tercatat sejumlah 42 publikasi peneliti FMIPA UI yang menerima hibah dari DRPM UI).

Target capaian dana maupun publikasi dari Hibah Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat bagi para Dosen Peneliti di FMIPA UI ini selain membutuhkan kerja keras dari para Dosen juga kerjasama serta sinergi antara para Dosen baik di lingkungan Departemen maupun Pusat-Pusat Studi dan Pusat Riset yang dimiliki oleh FMIPA UI. Diharapkan dengan adanya kenaikan pada target capaian di bidang Riset dan Pengabdian pada Masyarakat FMIPA UI disamping akan semakin menaikkan kredibilitas para dosen juga meningkatkan nilai akreditasi yang dicapai oleh FMIPA UI pada BAN PT. Sehingga, tercapai pula salah satu misi FMIPA UI untuk mendukung Renstra Universitas Indonesia sebagai salah satu World Class University. (indriyani)