Program Studi S2

Program Studi S2

Program Magister merupakan pendidikan akademik yang diperuntukkan lagi lulusan program Sarjana atau sederajat, sehingga mampu mengamalkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi, seni, dan budaya melalui penalaran dan penelitian ilmiah. Beban studi Program Magister regular untuk semua jalur yaitu minimum 36 (tiga puluh enam) sks. Penyelenggaraan Program Magister dapat dilaksanalan dengan jalur Kuliah dan Riset. Program Magister Jalur Kuliah dan Jalur Riset dapat ditempuh melalui program Mobilitas Internasional

Program Magister Jalur Kuliah

Program Pendidikan Magister Jalur Kuliah adalah program Pendidikan Magister reguler yang terdiri dari perkuliahan terstruktur dan menghasilkan tesis atau bentuk lain yang setara sebagai tugas akhir, yang dapat ditempuh secara blended ataupun tatap muka, selama sekurang-kurangnya 12 (dua belas) bulan.

Program Magister Kelas Akhir Pekan

Merupakan kelas Pendidikan Magister regular pada Jalur Kuliah, yang diselenggarakan pada akhir minggu melalui pembelajaran blended ataupun tatap muka sesuai dengan peraturan yang berlaku untuk Pendidikan program Magister.

Program Magister Jalur Riset

Merupakan program Pendidikan Magister reguler yang terdiri atas Mata Kuliah Spesial dan menghasilkan tesis sebagai tugas akhir.

Program Pendidikan Magister Mobilitas Internasional

Merupakan prograrn pendidikan Magister yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia, yang sebagian sks-nya (menggunakan skema Transfer Kredit dan penyetaraan sks) dapat diambil dari partisipasi mahasiswa dalam program pertukaran (exchange) ataupun program kunjungan (overseas) pada satu atau lebih universitas luar negeri yang diakui oleh Universitas Indonesia Ketentuan program ini mahasiswa mengambil minimum 50% mata kuliah dari Program Studinya, termasuk Tugas Akhir, dan seluruh ujian dilaksanakan di Universitas Indonesia.

Mahasiswa Program Magister dapat menempuh kuliah di luar Universitas Indonesia melalui program universitas dalam bentuk:

  1. Program Pertukaran Mahasiswa
  2. Program Kunjungan Mahasiswa
  3. Program Kelas Internasional
  4. Program Mobilitas Internasional
  5. Program Double-Degree atart Joint-Degree
  6. Program lain yang diakui Universitas Indonesia

Program Studi S2 Sarjana di FMIPA UI terdiri dari :

Program Studi S2 Matematika

Program studi magister matematika FMIPA UI menghasilkan lulusan dalam bidang matematika yang memahami teori dasar matematika sehingga dapat mengembangkan matematika dan menerapkannya dalam lingkup kerjanya.

Info selengkapnya : https://www.math.ui.ac.id/

Program Studi S2 Ilmu Fisika

Program studi magister ilmu fisika FMIPA UI menghasilkan lulusan tenaga pengajar dan peneliti yang memiliki kemampuan adaptabel, mampu belajar cepat, dan kompeten pada masalah yang dihadapi terutama pada penerapan ilmu fisika atau penggunaan sistematika berfikir ilmiah untuk memecahkan masalah tersebut.

Info selengkapnya : https://physics.ui.ac.id/

Program Studi S2 Ilmu Material

Program studi magister ilmu material FMIPA UI menghasilkan lulusan dengan keahlian dalam bidang Ilmu material dan terapannya secara umum, serta salah satu bidang peminatan khusus yang dipilihnya yakni logam/alloy, keramik atau polimer, serta mampu menerapkan dan berperilaku professional pada bidang pekerjaannya untuk kepentingan dan kemajuan masyarakat.

Info selengkapnya : https://physics.ui.ac.id/

Program Studi S2 Ilmu Kimia

Program studi magister ilmu kimia FMIPA UI menghasilkan ahli kimia dengan keahlian khusus, yang sesuai dengan tuntutan internasional dan ahli kimia yang mampu mengikuti dan menerapkan perkembangan ilmu kimia serta mengembangkan pusat unggulan ilmu kimia, yang dapat berperan aktif dalam usaha peningkatan pelayanan pada masyarakat.

Info selengkapnya : https://chem.ui.ac.id/

Program Studi S2 Biologi

Program studi magister biologi FMIPA UI menghasilkan peneliti, pendidik, dan praktisi tangguh dan berwawasan internasional yang mampu menciptakan terobosan baru dalam bidang biologi konservasi.

Info selelngkapnya : https://biologi.ui.ac.id/

Program Studi S2 Ilmu Kelautan

Program studi magister ilmu kelautan FMIPA UI menghasilkan lulusan yang mampu mengelola riset inter atau multidisipliner serta mengembangkan pengetahuan dan atau teknologi di bidang sains hayati dan sains fisik kelautan berbasis pemanfaatan SDA laut yang berkelanjutan sehingga menghasilkan karya inovatif dan teruji di tingkat nasional dan internasional.

Info selelngkapnya : https://biologi.ui.ac.id/

Program Studi S2 Geografi

Program studi magister geografi FMIPA UI menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan analisis dan sintesis gejala di muka bumi secara holistik serta pengembangan wilayah berdasarkan karakteristik fisik muka bumi, sosial-ekonomi dan budayanya, dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan metode geografi berbasis teknologi SIG dan PJ.

Info selengkapnya : https://geografi.ui.ac.id/portal/

Program Studi S2 Fisika Medis

Program studi magister fisika medis FMIPA UI menghasilkan lulusan yang unggul sebagai fisikawan medis klinis, ahli proteksi radiasi, bidang pemerintahan serta akademisi dan peneliti produktif demi kemajuan fisika medis dunia.

Info selengkapnya : https://physics.ui.ac.id/