FMIPA UI Beri Pelatihan CAS pada GeoGebra dalam Geometri Analitik Dimensi 2 bagi Guru SMA Jabodetabek

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) melalui Departemen Matematika memberikan pelatihan dan edukasi kepada guru Sekolah Menengah Atas di Depok dan sekitarnya, pada Jum’at 18 November 2022 di Laboratorium Pengajaran Departemen Matematika, Kampus UI, Depok.

Pelatihan yang diberikan yaitu  tentang penggunaan perangkat lunak CAS (Computer Algebra System) pada GeoGebra dalam geometri analitik dimensi 2. Sebanyak 39 peserta hadir dalam kegiatan ini. Turut hadir pula ketua MGMP Matematika SMA Depok, Bapak Subejo, S.Pd., MM. dan Ketua MGMP Matematika SMA Jakarta, Bapak Iman Santoso, M.Pd.

Ketua Departemen Matematika Prof. Alhadi Bustamam, M.Kom., Ph.D. mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Departemen Matematika FMIPA UI dalam rangka mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat.

“Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah agar guru-guru di wilayah Jabodetabek, khususnya di wilayah Depok, dapat memanfaatkan kemajuan teknologi berupa CAS pada GeoGebra dalam proses kegiatan belajar mengajar,” ujar Prof. Alhadi kepada tim humas FMIPA UI.

GeoGebra, menurut pakar data sains tersebut, merupakan salah satu perangkat lunak (software) yang mudah digunakan untuk belajar geometri analitik secara interaktif dan membantu dalam pembuatan soal geometri analitik. Perangkat lunak ini dapat dijalankan pada sistem operasi Android, iOS, Linux dan Windows.

Perangkat lunak ini dapat diunduh secara gratis di komputer desktop, komputer laptop, tablet dan telepon seluler. Program ini dibuat oleh Markus Hohenwarter di University of Salzburg, Austria pada tahun 2001.

“GeoGebra mempunyai beberapa perspektif dalam melihat objek matematika, di antaranya adalah Graphing dan Computer Algebra System (CAS),” imbuhnya.

Manajer Penelitian dan Pengabdian Masyarakat FMIPA UI Dr. Dipo Aldila, M.Si. dalam sambutannya “FMIPA UI mendorong dan mendukung sepenuhnya kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh seluruh dosen di FMIPA. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi hilirisasi hasil penelitian di lingkungan kampus, sekaligus dapat memberikan manfaat yang nyata kepada masyarakat,” kata Dr. Dipo.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dr. Hengki Tasman, S.Si., M.Si. Materi yang disampaikan adalah  teori objek geometri di ruang dimensi 2 (seperti garis, lingkaran, berkas garis dan berkas lingkaran) dengan menggunakan perspektif CAS. Diberikan pula beberapa contoh masalah yang diselesaikan dengan menggunakan perspektif CAS dan Graphing.

Adapun dosen-dosen lainnya sebagai narasumber yaitu, Dra. Siti Aminah, M.Kom., Dra. Nora Hariadi, M.Si., Rahmi Rusin, S.Si., M.Sc.Tech., Ph.D., Dra. Bevina D. Handari, M.Sc., Ph.D. dan Prof. Alhadi Bustamam, S.Si., M.Kom., Ph.D.

Pelatihan ini juga melibatkan mahasiswa program Magister Departemen Matematika FMIPA UI, yaitu Rahma Rosaliana Saraswati dan mahasiswa program studi S1, yaitu Muhammad Daffa, Hanif Pramudya, Rafi Alvanzah, Owen Mulianto, sebagai asisten pelatihan. Kegiatan diakhiri dengan praktek dan diskusi antara peserta, narasumber sebagai fasilitator dan asisten pelatihan.