Jaga Mutu Pendidikan dan Layanan, CMPB FMIPA UI Jalani Asesmen Lapangan Akreditasi ISO 17025

Sebagai upaya menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan serta layanan, Center for Medical Physics and Biophysics (CMPB) yang merupakan bagian dari Lembaga Sains Terapan (LST) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) menjalani asesmen lapangan untuk mendapatkan sertifikat akreditasi ISO 17025 dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Kegiatan asesmen lapangan dilaksanakan pada tanggal 20-21 Juni 2022 sebagai tindak lanjut dari pengajuan yang telah dikirim pihak FMIPA UI pada Oktober 2021. Selain sebagai upaya penjaminan mutu layanan, akreditasi ISO 17025 juga merupakan indikator rekognisi dan keunggulan yang merupakan syarat penyelenggaraan Uji Kesesuaian bagi Lembaga uji yang ditunjuk oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) seperti CMPB FMIPA UI.

Asesmen lapangan dilakukan oleh dua asesor yang ditunjuk oleh KAN yaitu Murni Aryani yang merupakan Asesor Kepala Badan Standardisasi Nasional), dan Endang Kunarsih sebagai tenaga ahli dari Pusat Pengkajian Sistem Teknologi dan Pengawasan Fasilitas Radiasi dan Zat
Radioaktif (P2STPFRZR)-BAPETEN, dengan melibatkan Kepala, para Manajer dan seluruh anggota CMPB UI.

Bertempat di ruang Rapat A, FMIPA UI, Depok, Dekan FMIPA UI Dede Djuhana, Ph.D. bersama para Wakil Dekan, Ketua Departemen, dan Manajer di lingkungan FMIPA UI menyambut kedatangan tim asesor. Dalam sambutannya beliau menekankan pentingnya akreditasi laboratorium sebagai wujud pelayanan prima kepada masyarakat dan mendorong agar laboratorium lain di FMIPA UI bisa memantapkan upaya menuju akreditasi.

Baca juga : Komitmen Tingkatkan Kualitas Fasilitas Penunjang, FMIPA UI Ajukan Akreditasi Laboratorium

“Kami sangat bersyukur karena proses akreditasi untuk CMPB FMIPA UI telah sampai pada proses asesmen. Kami memahami betul pentingnya akreditasi untuk laboratorium yang merupakan fasilitas penunjang dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan penelitian di FMIPA UI. Apalagi CMPB FMIPA UI ini juga sudah menjadi laboratorium penguji yang membuka layanan pelatihan dan uji kesesuaian peralatan radiologi bagi banyak rumah sakit mitra, sehingga dalam hal peningkatan kompetensi proteksi radiasi terhadap pasien, para mitra kami juga berhak mendapatkan pelayanan laboratorium yang bermutu dari CMPB. Kami tentunya berharap proses asesmen ini berjalan lancar, dan memperoleh hasil sesuai
harapan,” ujar Dekan Dede.

Dalam asesmen selama 2 hari ini dilakukan pemeriksaan mendalam terhadap aspek manajemen dan teknis dari layanan Uji Kesesuaian yang diberikan oleh CMPB UI kepada klien, sesuai dengan standar ISO 17025 untuk menindaklanjuti isian formulir kelengkapan yang telah dikirim oleh tim FMIPA UI melalui proses pendaftaran/pengajuan secara online.

Penutupan acara di hari kedua turut dihadiri oleh Dr. rer. nat. Budiawan selaku Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, Dr. Denny Riama Silaban selaku Kepala Unit Penjaminan Mutu Akademik, Supriyanto Ardjo Pawiro, Ph.D. selaku kepala CMPB, Dr. Dwi Seno K. Sihono selaku Manajer Divisi Pengujian CMPB, Dr. Lukmanda Evan Lubis selaku Manajer Divisi Pendidikan dan Pelatihan CMPB, dan Intan Apriliani S. Mu’minah selaku Manajer Mutu CMPB serta seluruh koordinator pelayanan CMPB FMIPA UI.

Center for Medical Physics and Biophysics adalah salah satu pusat di bawah Lembaga Sains Terapan FMIPA UI yang berdedikasi memberikan layanan dan pelatihan yang berkaitan dengan bidang Fisika Medis dan Biofisika. CMPB UI secara historis merupakan transformasi dari layanan masyarakat yang diberikan oleh Laboratorium Fisika Medis dan Biofisika (LFMB) Departemen Fisika FMIPA UI sejak Maret 2014.

Setelah penataan unit pelayanan masyarakat Universitas Indonesia, semua layanan yang diberikan oleh LFMB beralih dibawah Unit Kerja Khusus PPM Lembaga Sains Terapan (LST) FMIPA UI. Layanan yang disediakan oleh CMPB FMIPA UI terbagi menjadi 2 (Dua) divisi yaitu divisi layanan uji kesesuaian dan layanan jasa serta divisi pendidikan dan pelatihan. Divisi jaminan mutu CMPB juga menjadi bagian CMPB untuk memastikan jaminan mutu kegiatan layanan dan pelatihan yang diselenggarakan CMPB terkelola dengan baik.