Kembangkan Inovasi Online Marketplace untuk Produk Kebudayaan Indonesia, Tim Mahasiswa FMIPA UI Raih Prestasi pada Choir Express Java Business Competition 2021

Ruth Emmanuella Prinscilla (Geofisika 2020), Nur Fidia Alim (Kimia 2020), dan Serina Natasha Br. Surbakti (Ilmu Ekonomi 2020) berhasil meraih Juara 3 pada ajang Choir Express Java Business Competition 2021 yang diselenggarakan oleh Universitas Telkom. Cabang lomba National Business Plan Competition tingkat internasional tersebut membawakan tema “Creativity Innovation in Local Digital Business Economy by using Digital Platform for Youth Entrepreneur”.

Setelah melewati rangkaian seleksi yang cukup ketat, tim yang bernamakan Mirare tersebut, membuktikan bahwa mereka layak menjadi tiga tim terbaik dari 100 tim lainnya yang berpartisipasi pada kompetisi tersebut.

Skema perlombaan secara garis besar terbagi menjadi tiga, yaitu pengumpulan proposal, pengumuman top 10 yang disusul oleh technical meeting, serta presentasi tahap final.

“Untuk alur perlombaan, pertama kita diminta membuat Business Model Canvas (BMC). Lalu, pas lolos semifinal, kita membuat proposal dan di tahap final kita melakukan pitching di depan para judges. Untuk teknis presentasi dilakukan secara bergantian dengan tim lain di breakout room. Waktu yang diberikan sekitar 8 menit, tapi kita saat itu bisa lebih cepat. Sesi tanya jawab juga kita lebih cepat dari waktu yang diberikan yaitu hanya sekitar 6-8 menit. Seneng juga karena judges-nya terlihat tertarik dengan bisnis kita.” kata Serina sebagai salah satu anggota tim.

Pada kompetisi tersebut, Mirare membawakan inovasi platform yang mampun membantu pelaku usaha industri kreatif mikro UMKM dalam menjual produk khas Indonesia. Ide itu dilatarbelakangi oleh faktor terbatasnya peluang pasar bagi mikro UMKM. Sehingga tak jarang ditemukan industri kreatif tersebut yang belum memiliki pasar. Keadaan ini semakin diperparah dengan adanya pandemi Covid-19 yang membatasi mobilitas dan aktivitas sebagian besar masyarakat.

Kepada tim humas FMIPA UI, Ruth selakuketua tim menyampaikan “Ide bisnis yang kita buat berjudul ‘Loc’ yang diambil dari kata ‘Local’. Loc merupakan situs jual beli online yang mempertemukan penjual dengan pembeli dari seluruh dunia. Nilai yang dijunjung tinggi oleh Loc adalah membantu perekonomian pelaku industri kreatif mikro dengan mengedepankan penyebarluasan kebudayaan Indonesia ke seluruh dunia yang unik dan bernilai tinggi.” kata Ruth.

Menjabarkan lebih jauh lagi, Ruth mengatakan bahwa setiap produk yang tertera pada Loc memiliki nilai kebudayaan atau keunikannya tersendiri yang akan diinformasikan secara langsung melalui websitenya. Hal ini bertujuan agar setiap pembeli bukan hanya membeli untuk mendapatkan barang, namun juga history behind the product. Hal tersebut mereka tujukan untuk menyebarluaskan kebudayaan Indonesia kepada pembeli dari seluruh dunia.

Strategi pemasaran yang akan dilakukan oleh Tim Mirare juga dapat dibilang unik. Tidak seperti online marketplace lainnya yang mengadakan Harbolnas setiap sebulan sekali, Loc justru memberikan promo yang berbeda sesuai dengan hari besar di provinsi di Indonesia.

“Jadi, hari promosi akan kita lakukan sekitar 3 bulan sekali dengan mengangkat tema kebudayaan Indonesia yang berbeda-beda. Nantinya di setiap hari promosi tersebut, tampilan platform kita juga akan berubah mengikuti tema kebudayaan tertentu. Ide ini bisa dibilang unik karena saat ini masih sangat jarang ada bisnis yang menilik keindahan budaya Indonesia.” kata Ruth menambahkan.

Berbicara mengenai tantangan, Serina menceritakan bahwa tantangan terbesar timnya adalah ketika harus membagi waktu antara lomba dengan perkuliahan. Walaupun begitu, Mirare sepakat bahwa kerja kerasnya selama ini telah terbayarkan oleh kemenangan dan manfaat yang mereka dapatkan.

Menutup sesi wawancara, mereka berpesan kepada mahasiswa lainnya untuk tetap semangat menggali potensi diri, berani untuk memiliki komitmen, serta tidak ada kata terlambat untuk belajar.

Choir Java Business Competition 2021 merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Universitas Telkom. Kompetisi tersebut dimeriahkan oleh empat rangkaian acara yaitu Paper Competition, Business Plan Competition, UI/UX Design Competition, serta webinar yang disiarkan melalui Zoom Meeting dan Youtube.

Adapun timeline untuk Business Plan Competition diawali pendaftaran dan pengumpulan proposal (30 Juli – 25 Agustus 2021), pengumuman Top 10 (3 September 2021), presentasi dan penutupan (7 September 2021), serta pengumuman pemenang yang diumumkan di akhir webinar (12 September 2021).