Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka

Kampus Merdeka

Dalam rangka menyiapkan lulusan yang tangguh dalam menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja, dan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat di era revolusi industri 4.0, kompetensi mahasiswa harus semakin diperkuat sesuai dengan perkembangan yang ada. Diperlukan adanya link and match antara lulusan pendidikan tinggi bukan hanya dengan dunia usaha dan dunia industri saja tetapi juga dengan masa depan yang semakin cepat mengalami perubahan. 

Kebijakan “Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM)” merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, untuk mengakomodir amanah yang disebutkan oleh Permendikbud No.3 Tahun 2020 atau SN Dikti. Merdeka Belajar – Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa memiliki pengalaman belajar lain di luar program studinya. Program studi (prodi) di FMIPA UI telah melakukan pengembangan kurikulum sesuai dengan kebijakan MBKM, guna menghasilkan mahasiswa berkompeten dan sejalan dengan kebutuhan dunia kerja di masa depan.

Dalam pelaksanaan kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka untuk program “hak belajar tiga semester di luar program studi” mahasiswa dapat memilih bentuk kegiatan pebelajaran seperti:

  1. Pertukaran Pelajar
  2. Magang/Praktik Kerja
  3. Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan
  4. Penelitian/Riset
  5. Proyek Kemanusiaan
  6. Kegiatan Wirausaha
  7. Studi/Proyek Independen
  8. Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik

Jumlah jam kegiatan pembelajaran tersebut di atas adalah 45 Jam per minggu untuk 1 sks