Publikasi Riset

Publikasi Riset

Publikasi Hasil Riset Berupa Artikel Ilmiah Pada Jurnal Dan Prosiding

 

Selama ini FMIPA telah menghasilkan lebih dari 5000 artikel ilmiah dari hasil riset, dengan jumlah publikasi ilmiah pada tahun 2020 sebanyak 1144 artikel. Setiap tahun FMIPA adalah penyumbang publikasi terbesar ketiga di UI. Grafik di bawah menunjukkan posisi jumlah publikasi di FMIPA tahun 2020 di antara fakultas lain di UI.

Selama beberapa tahun terakhir, publiaksi ilmiah FMIPA terus mengalami peningkatan sejalan dengan jumlah pendanaan yang diperoleh. Grafik berikut menunjukkan jumlah publikasi FMIPA dalam kurun waktu 2017-2021 dan sebarannya dalam jurnal berkualitas Q1, Q2, Q3 dan Q4. Meskipun jumlah prosiding hasil konferensi masih lebih banyak daripada jumlah artikel dalam jurnal ilmiah, trend kenaikan jumlah artikel terus meningkat. Diharapkan ke depannya berbagai kebijakan pendanaan yang dilakukan oleh UI dan FMIPA akan mendorong peningkatan publikasi artikel dalam jurnal ilmiah.

Sedangkan sebaran artikel jurnal FMIPA tahun 2020 berdasarkan Departemen menunjukkan bahwa Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi terlihat memberikan kontribusi yang cukup seimbang, seperti terlihat dalam grafik berikut.

Detail publikasi ilmiah dalam jurnal dan prosiding hasil konferensi dapat dilihat pada :

https://scholar.ui.ac.id/en/publications/?organisationIds=7d3bedfb-3f61-4458-ab0c-35a94ecace97&nofollow=true&format=