Rapat Kerja Teknis Pimpinan Untuk Pengembangan FMIPA UI

 

A

Dalam rangka pengembangan FMIPA UI untuk memenuhi rencana program jangka panjang yang telah disusun dalam rencana strategi (Renstra) FMIPA UI Periode 2014-2018, seluruh jajaran pimpinan FMIPA UI beserta Ketua Staf Akademik Fakultas dan para pimpinan Departemen di lingkungan civitas akademika FMIPA UI mengadakan Rapat Kerja Teknis Pimpinan yang diselenggarakan selama 3 hari, 9-11 Juni 2014 di Bogor.

Dalam rapat kerja teknis ini antara lain dibahas mengenai Peraturan Akademik dan Kurikulum S1, S2 dan S3 yang menghadirkan pembicara Drs. Karyaman Muchtar, M.Sc dan Prof. Dr. Multamia dari PAU UI, Akreditasi BAN PT yang dibahas oleh Dr. Dwiwahju Sasongko yang membahas mengenai persyaratan apa saja yang harus dipenuhi dalam penilaian akreditasi perguruan tinggi. Prof. Bondan Tiara dari Fakultas Teknik UI turut hadir untuk membahas tentang Self Assesment Report ASEAN University Network (SAR AUN QA) dan berbagi pengalamannya dalam menerapkan sistem Pusat Administrasi Fakultas pada Fakultas Teknik UI. Sedangkan ulasan mengenai Pusat Administrasi pada FMIPA UI dibawakan oleh Dr. Cuk Imawan. Sebagai langkah awal dalam pengembangan FMIPA UI, turut hadir Prof. Dr. Jan Sopaheluwakan dari LIPI yang menerangkan kepada para pimpinan FMIPA UI mengenai rencana jangka panjang untuk pembentukan Lembaga Inovasi Sains untuk Keberlanjutan Masa Depan (LISKA), serta rencana untuk dibangunnya pusat riset dan sains Sweden House yang nantinya berlokasi di area kampus FMIPA UI. Dr. Ratna Yuniati dalam paparannya yang menarik membahas mengenai Pengembangan nilai/karakter mahasiswa dalam mata ajar. Sebagai pembicara tamu, turut hadir Dr. Herr Soeryantono dan Drs. Agus Viva Dianto, M.H dari PAU UI yang memberikan paparan yang lebih lengkap dan menyeluruh mengenai Pengembangan SDM.

Pada sesi berikutnya, para peserta dibagi menjadi tiga kelompok diskusi. Kelompok pertama mempresentasikan mengenai Renstra FMIPA UI Periode 2014-2018 yang merangkum juga Renstra Departemen, rencana program jangka panjang, job desk karyawan dan tunjangan kinerja terkait dengan SDM, angka kredit serta insentif bagi dosen dan karyawan dan pembahasan mengenai kelompok peminatan dan tugas kepala laboratorium pada setiap Departemen FMIPA UI. Kelompok kedua mempresentasikan mengenai peraturan akademik yang antara lain mencakup tentang pembuatan Buku Pedoman Tugas Akhir bagi mahasiswa S1 dan S2, Buku Pedoman Pelaksanaan Sidang Skripsi/Tesis, Penyusunan Prosedur Operasional Baku (POB) Sistem Administrasi Akademik, Peraturan Akademik mengenai kemahasiswaan serta tugas akhir mahasiswa dan tata cara publikasi sebagai syarat ujian Sidang Skripsi. Kelompok ketiga mempresentasikan mengenai pembuatan Buku Pedoman Pelaksanaan Sidang Doktor, penyesuaian/revisi kurikulum bagi Program Doktor yang mengacu pada SK Rektor UI No. 2200/SK/R/UI/2013, evaluasi yang dilakukan sebagai upaya untuk penjaminan mutu akademik bagi para mahasiswa Program PascaSarjana, pengembangan riset di FMIPA UI yang mengacu pada 10 topik unggulan UI serta tata cara publikasi dan indeks scopus mahasiswa Program Pasca Sarjana serta Dosen di FMIPA UI. (Humas FMIPA UI)