Unit Penjaminan Mutu Akademik

Unit Penjaminan Mutu Akademik

Unit Penjaminan Mutu Akademik

Sesuai dengan SK Rektor UI No 1421/SK/R/UI/2010 mengenai Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Akademik di Universitas Indonesia, pada tingkat fakultas dibentuk suatu unit oleh Dekan dengan nama Unit Penjaminan Mutu Akademik (UPMA). Unit ini berfungsi sebagai motor penggerak dan koordinator dalam melakukan peran sebagai pengendali mutu dan pengembang sistem penjaminan mutu akademik di aras fakultas dan terintegrasi dengan sistem penjaminan mutu UI secara menyeluruh. Di aras departemen fungsi ini dilaksanakan oleh Tim Penjaminan Mutu Akademik (TPMA).

Tugas pokok dan fungsi (tupoksi) TPMA adalah melakukan penjaminan mutu akademik pada setiap aspek yang terkait dengan proses pembelajaran di aras Departemen FMIPA UI, baik pada Prodi S1, S2, maupun S3.

Kegiatan UPMA antara lain adalah :

  1. Melakukan pendampingan penyusunan kurikulum berbasis kompetensi, pendampingan penyusunan dokumen evaluasi diri atau borang akreditasi, sosialisasi kebijakan universitas untuk kegiatan rutin pelaksanaan evaluasi-evaluasi internal.
  2. Menyusun dokumen Pedoman Pelaksanaan Ujian Skripsi dan Tesis.  Penyusunan Pedoman ini bertujuan agar pelaksanaan ujian skripsi dan tesis di FMIPA memiliki standar yang terukur dan transparan.
  3. Memberikan analisa secara berkala setiap semester terhadap EVISEM setiap prodi di FMIPA untuk kemudian dievaluasi oleh Dekan; dan membantu pihak Fakultas dalam pengisian borang SNP (Standar Nasional Pendidikan) yang dilakukan setiap tahun.
  4. Melakukan pendampingan kegiatan prodi dalam pembaharuan akreditasi prodi-prodi di FMIPA yang telah habis masa akreditasinya.
  5. Menjadi nara sumber pembukaan prodi baru, atau untuk akreditasi internal dan eksternal (bersama BPMA UI).

Dalam melaksanakan tugasnya sejak tahun 2008, keanggotaan UPMA telah mengalami beberapa perubahan, yaitu :

Keanggotaan UPMA periode tahun 2018-2022
Ketua                    : Dr. Denny R. Silaban, M.Kom

Keanggotaan UPMA periode tahun 2014-2018
Ketua                    : Dr. Ratna Yuniati, M.Si.

Keanggotaan UPMA periode tahun 2010-2013
Ketua                    : Dra. Widyawati, MSP
Anggota               : Dra. Nora Hariadi, M.Si., Dr. Andi Salamah,  Dr. Herman Suryadi.

Keanggotaan UPMA periode tahun 2008-2010
Ketua                    : Dra. Widyawati, MSP

 

TPMA

Daftar Nama Tim Penjaminan Mutu Akademik Program Studi dan Departemen di lingkungan Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia sebagai berikut:

  1. Departemen Matematika
  • Zuherman Rustam, DEA.
  • Yekti Widyaningsih
  • Dipo Aldila

 

  1. Departemen Fisika
  • Dr. Azwar Manaf, M.Met.
  • Sastra Kusuma Wijaya
  • Supriyanto Ardjo Pawiro, Ph.D.

 

  1. Departemen Kimia
  • rer. nat. Noverra Mardhatilah Nizardo
  • Endang Saepudin

 

  1. Departemen Biologi
  • rer. nat. Mufti Petala Patria
  • Dian Hendrayanti, M.Sc

 

  1. Departemen Geografi
  • Hayuning Anggrahita, S.Si., M.S.M.
  • Astrid Damayanti, M.Si.
  • Adi Wibowo, S.Si., M.Si.

 

  1. Program Studi Sarjana Geologi dan Geofisika
  • Agus Riyanto, M.Si

 

Examination Board
Dalam dokumen kurikulum setiap program studi diberikan jejaring keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) setiap Mata Kuliah yang menunjang pencapaian Profil Lulusan.

Untuk memastikan ketercapaian dari Profil lulusan setiap Program Studi, maka perlu dipastikan juga ketercapaian dari setiap CPMK dan Sub-CPMK setiap mata kuliah. Melalui ND WD1 (hyperlink ke ND link belum ada) diwajibka setiap soal yang akan diujikan pada ujian (UTS dan UAS) harus terlebih dahulu direview, dengan formulir (hyperlink ke formulir-link belum ada).