Akreditasi Internasional

Akreditasi Internasional

AUN-QA (Asia University network – Qulity Assurance)

AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance) adalah lembaga yang melakuka assesment terhadap mutu akademik suatu program studi. Tujuan dari assesment ini adalah untuk meninggkatkan kualitas dari program studi yang di-asses. Sebagai upaya meningkatkan kualitas, 4 program studi tinkat Sarjana di FMIPA UI telah mengikuti AU-QA, dengan hasil sbb:

No

Prodi

Status

Verdic

Tahun Akreditasi

Sertifikat
1 Kimia Terakreditasi More than adequate   2012 tauran
2 Matematika Terakreditasi More than adequate 2018 tauran
3 Fisika Terakreditasi More than adequate 2018 tauran
4 Biologi Terakreditasi More than adequate 2018 tauran

 

RSC (Royal Society Chemistry)

RSC (Royal Society of Chemistry) adalah komunitas kimia terkemuka di dunia, bertujuan untuk memajukan keunggulan dalam ilmu kimia. Melalui akreditasi, RSC mempromosikan good practices dalam pendidikan kimia universitas, dan memastikan bahwa para ilmuwan kimia masa depan adalah berpengetahuan luas dan kompeten. Hasil akreditasi RSC Program studi S1 Kimia adalah sbb:

No

Prodi

Status

verdic

Tahun Akreditasi

Sertifikat

1 Kimia Terakreditasi Partially accredited 2019 tauran

ASIIN
Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik (ASIIN) adalah lembaga akreditasi internasional berasal dari Jerman. Pada tahun 2021 ini terdapat 4 program studi Sarjana FMIPA UI yang sedang mempersiapkan akreditasi ASIIN.

 

Akreditasi Laboratorium
Kualitas laboratorium sebagai penunjang pendidikan dan penelitian juga menunjang mutu. Untuk menjaga dan meningkatkan mutu, akreditasi laboratorium menjadi sangat penting.  Pada tahun 2021 ini terdapat 2 laboratorium di FMIPA UI yang sedang mempersiapkan akreditasi Internasional.