Program Studi S3

Program Studi S3

Program Doktor bertujuan untuk menghasilkan ilmuwan yang mandiri, beretika, berbudaya, serta mampu menemukan, menciptakan, memutakhirkan, dan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan melalui penelitian yang komprehensif dan akurat sebagai kontribusi bagi pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya untuk menyelesaikan masalah bangsa dan/atau untuk memajukan peradaban manusia.

Penyelenggaraan Program Doktor dapat dilaksanakan melalui jalur (1) Kuliah dan riset, (2) Riset.

Beban studi Program Doktor adalah minimum 42 (empat puluh dua) sks, dijadwalkan untuk 6 (enam) semester dan dapat ditempuh sekurang-kurangnya dalam 4 (empat) semester, atau selama-lamanya 10 (sepuluh) semester. Perkuliahan Program Doktor, Jalur Kuliah dan Riset dapat dilaksanakan di Universitas Indonesia sepenuhnya atau sebagian ditempuh di mitra universitas luar negeri melalui Mobilitas Internasional.

Program Doktor Jalur Kuliah dan Riset

Mewajibkan mahasiswa untuk mengikuti sejumlah mata kuliah terstruktur yang tertera dalam kurikulum, dengan bobot paling sedikit 12 (dua belas) sks dan paling banyak 16 (enam belas) sks. Mahasiswa wajib memiliki publikasi makalah ilmiah terkait bidang risetnya sebagai penulis utama yang didampingi Promotor dan Kopromotor dan telah diterima untuk dipublikasikan pada jurnal internasional terindeks bereputasi, dengan bobot paling sedikit 4 (empat) sks dan paling banyak 6 (enam) sks.

 

Program Doktor Jalur Riset

Mewajibkan mahasiswa untuk mengikuti seminar berkala mengenai kajian literatur khususnya jurnal ilmiah bereputasi terkait riset utamanya, dengan bobot paling sedikit 5 (lima) sks dan paling banyak 8 (delapan) sks.

Mahasiswa wajib memiliki publikasi makalah ilmiah terkait bidang risetnya sebagai penulis utama yang didampingi Promotor dan Kopromotor yang telah diterima paling sedikit dalam jumal nasional terindeks SINTA 2, dengan bobot paling sedikit 5 (lima) sks dan paling banyak 6 (enam) sks. Selain itu mahasiswa wajib memilikip Publikasi makalah ilmiah terkait bidang risetnya sebagai penulis utama yang didampingi Promotor dan Kopromotor yang telah diterima untuk dipublikasikan dalam jurnal intemasional terindeks bereputasi atau buku yang diterima untuk diterbitkan oleh penerbit buku terindeks bereputasi internasional dengan bobot paling sedikit 5 (lima) sks dan paling banyak 6 (enam) sks.

Mahasiswa Program Doktor dapat menempuh kuliah di luar Universitas Indonesia melalui program universitas dalam bentuk:

  1. Program Pertukaran Mahasiswa
  2. Program Kelas Khusus Intemasional
  3. Program Overseas
  4. Program Joint-Degree
  5. Program Mobilitas Intemasional
  6. Program lain yang diakui Universitas.

============================================

Program Studi S2 Sarjana di FMIPA UI terdiri dari :

Program Studi S3 Ilmu Bahan

Program studi doktor ilmu bahan FMIPA UI menghasilkan lulusan yang mampu membuat karya riset mandiri yang inovatif, asli dan diakui oleh komunitas material internasional sebagai hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi material yang baru yang bermanfaat bagi umat manusia.

Info selengkapnya : https://physics.ui.ac.id/

Program Studi S3 Ilmu Kimia

Program studi doktor ilmu kimia FMIPA UI Menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi dan melakukan kegiatan penelitian serta inovasi dalam ilmu pengetahuan sub-bidang kimia yang meliputi sub-bidang spesialisasi bidang hayati (bahan alam, nano-phase polimer, bioteknologi), non hayati (katalitik, fotokatalitik, metaloxide macromolcule network, sensor), mampu bersaing di dunia internasional.

Info selengkapnya : https://chem.ui.ac.id/

Program Studi S3 Biologi

Program studi doktor biologi FMIPA UI menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan, pengetahuan dan atau teknologi baru secara mandiri di bidang pelestarian dan pemanfaatan biodiversitas yang berkelanjutan melalui riset inter, multi dan trans disipliner, sehingga mampu menghasilkan karya inovatif, orisinal dan teruji di tingkat nasional dan internasional.

Info selengkapnya : https://biologi.ui.ac.id/

Program Studi S3 Ilmu Fisika

Program studi doktor ilmu fisika FMIPA UI menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan ilmu fisika dan aplikasinya melalui riset yang diakui secara nasional dan internasional dengan pendekatan multidisiplin, interdisiplin dan transdsiplin.

Info selengkapnya : https://physics.ui.ac.id/