Komitmen Tingkatkan Kualitas Fasilitas Penunjang, FMIPA UI Ajukan Akreditasi Laboratorium

Penjaminan mutu dan pemenuhan standar kualitas penyelenggaraan program pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam institusi pendidikan, sebagai upaya pertanggung jawaban kepada stakeholder serta peningkatan pelayanan terhadap peserta didik.

Selain mengikuti akreditasi akademik secara nasional dan internasional, FMIPA UI melihat pentingnya akreditasi Laboratorium sebagai fasilitas penunjangg kegiatan pendidikan. Oleh karena itu, sejak tahun 2021 FMIPA UI dalam koordinasi Unit Penjaminan Mutu Akademik (UPMA) dan Bidang Akademik mulai menyiapkan laboratorium-laboratorium di FMIPA UI untuk diajukan guna mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Setelah mendaftarkan dua laboratorium, yaitu UI Chem dan Center for Medical Physics and Biophysics (CMPB), untuk diakreditasi KAN, ada beberapa persyaratan dan prosedur yang perlu lebih dipahami. Untuk itu, maka pada hari Rabu (6/4/2022) unit UPMA yang diketuai oleh Dr. Denny R. Silaban, M. Kom. menggelar acara sosialisasi akreditasi KAN kepada Para Ketua Departemen, dan Para Ketua/PIC Laboratorium di lingkungan FMIPA UI.  Sosialisasi ini juga terbuka untuk para kepala/PIC laboratorium dan fasilitas di lingkungan UI.

Turut Hadir dalam acara ini Dr. Dwi Marta Nurjaya, S.T., M.T. Direktur Operasi dan Pemeliharaan Fasilitas Universitas Indonesia dan Prof. Winarto, Kepala Unit Penjaminan Mutu FT UI.

 Sosialisasi dibuka oleh Dr. Ttito Latif Indra, S. Si. selaku Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum.

Dalam sambutannya Dr. Tito mengatakan “Kami berharap pertemuan ini akan membawa manfaat bagi FMIPA UI dan upaya pemenuhan standar KAN untuk laboratorium-laboratorium di FMIPA UI”.

Dr. Tito juga menyebut bahwa saat ini FMIPA UI memiliki sebanyak 38 Laboratorium yang terdiri dari Laboratorium Pendidikan dan Laboratorium Layanan.

Hadir sebagai Narasumber Fajarina Budiantari, S.TP., M.Si. selaku Direktur Akreditasi Laboratorium di Badan Standarisasi Nasional (BSN) menyambut baik upaya FMIPA UI dalam mengajukan beberapa laboratoriumnya untuk mendapatkan akreditasi. Ia menilai upaya tersebut sebagai sebuah komitmen yang patut diapresiasi.

“Saya bangga dan menyambut baik upaya FMIPA UI yang menyatakan untuk diproses akreditasi, kemudian tadi dikatakan juga bahwa FMIPA UI berkomitmen untuk meningkatkan mutu laboratorium” ujar Fajarina.

Pada kesempatan yang sama, Fajarina memaparkan tentang Profil KAN, Standariasi & Penilaian Kesesuaian, Verifikasi Kompetensi Lembaga Penilai Kesesuaian, Kebijakan, Persyaratan, dan Prosedur Akreditasi KAN.

Adapun Laboratorium FMIPA UI yang sedang dalam proses akreditasi KAN adalah Laboratorium UI-Chem dari Departemen Kimia dan Laboratorium Center for Medical Physics and Biophysics (CMPB) dari Lembaga Sains Terapan (LST). Hal itu disampaikan oleh Dr. Denny selaku kepala UPMA kepada tim humas FMIPA UI.

“Jadi rencananya, dalam waktu dekat Laboratorium UI Chem akan menjalani visitasi pada bulan Juni, dan Laboratorium CMPB saat ini masih melengkapi dokumen sebagai syarat administrasi administrasi” ujarnya.