FMIPA UI Gelar Pembukaan Seleksi KN-MIPA 2021 Tingkat UI Secara Daring

Sabtu (17/4/2021), FMIPA Universitas Indonesia menggelar pembukaan sekaligus seleksi Kompetisi Nasional-Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN-MIPA) 2021 tingkat UI (Tahap I) secara daring. Kompetisi ini dalam rangka menjaring kontingen UI yang akan berlaga ditahap regional (Tahap II) dan tahap nasional (Tahap III) pada bulan Juni mendatang.  Dr. Tito Latif Indra, M.Si. Direktur Kemahasiswaan UI secara resmi membuka seleksi KN-MIPA 2021 tingkat UI.

KN-MIPA merupakan salah satu agenda tahunan Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah mahasiswa berprestasi melalui peningkatan kemampuan akademik, wawasan dan kecintaan mahasiswa terhadap bidang studi MIPA, serta sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi. Adapun bidang yang dilombakan yakni Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Dr. Retno Lestari Manager Kemahasiswaan FMIPA UI selaku Ketua Pelaksana dalam laporannya menyampaikan bahwa KN-MIPA 2021 tingkat UI diikuti oleh total 116 mahasiswa yang terdiri dari 91 mahasiswa FMIPA, 9 mahasiswa Fakultas Teknik, 4 mahasiswa Fakultas Kedokteran, 4 mahahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, 4 mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat 2 mahasiswa Fakultas Farmasi, dan 2 mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan.

“Sedangkan sebaran jumlah peserta pada masing-masing bidang lomba yakni : Matematika 31 peserta, Fisika 19 peserta, Kimia 26 peserta, dan Biologi 40 peserta”. ujar Dr. Retno menambahkan.

Lebih lanjut, ia menyampaikan peserta yang berhasil melaju ke tahap selanjutnya akan diberikan bimbingan sebagai persiapan menghadapi seleksi tingkat regional dan nasional.

Meski seleksi digelar secara virtual, namun ia mengingatkan kepada para peserta untuk dapat menyelesaikan soal-soal secara jujur.

Dr. Rokhmatuloh, M. Eng. Selaku pejabat Dekan FMIPA UI menyampaikan dukungan kepada para kontingen serta para pembimbing. Menurutnya KN-MIPA 2021 merupakan kesempatan yang harus digunakan dengan baik untuk meningkatkan prestasi FMIPA UI secara khusus dan UI secara umum sebagai upaya untuk meningkatkan reputasi UI pada pemeringkatan dunia.

“Melalui KN-MIPA UI ini saya berharap para kontingen, pembimbing, dan panitia dapat mempersiapkan segalanya dengan lebih baik, dan mengerahkan usaha yang terbaik sejalan dengan yang kita canangkan bahwa tahun ini kita harus fokus pada peningkatan reputasi kita, atau pemeringkatan fakultas dan universitas di kancah internasional”. ucap Dr. Rokhmatuloh.

Pejabat Dekan FMIPA UI berharap, UI menjadi juara umum KN-MIPA 2021. Ia menegaskan bahwa FMIPA UI siap memberikan dukungan dan bimbingan yang terbaik dari para dosen FMIPA UI di bidang-bidang terkait.

Senada dengan Dr. Rokhmatuloh, Dr. Tito Latif Indra, M. Si. Direktur Kemahasiswaan UI mengapresiasi dan memotivasi tim KN-MIPA 2021 UI. Ia menilai pengelolaan kegiatan tersebut dari tahun ke tahun oleh FMIPA UI berjalan dengan sangat baik, dari mulai persiapan, bimbingan, hingga pendampingan disetiap tahapan pelaksanaan.

“Kami selaku pimpinan UI menilai program seleksi KN-MIPA ini dari tahun ke tahun dijalankan dengan baik melalui peran para pimpinan FMIPA UI, serta para dosen pembimbingnya. Bahkan melalui kompetisi ini UI telah melahirkan juara-juara nasional hingga internasional bidang MIPA. Prestasi-prestasi tersebut sangat penting untuk menunjang pencapaian prestasi UI tiap tahunnya.” kata Dr. Tito.

Untuk lebih memotivasi timnya, ia mengatakan bahwa UI mendukung penuh para kontingennya baik secara moril maupun materil sebagaimana yang telah diprogramkan oleh unitnya untuk di jalankan tahun ini.

Usai pembukaan secara resmi oleh Direktur Kemahasiswaan UI, seleksi tahap I tingkat UI pun dimulai. para peserta mulai mengerjakan soal sesuai dengan bidang lomba yang diikuti.

Acara ini turut dihadiri oleh para wakil dekan, Manager Pendidikan, Kepala Unit Penjaminan Mutu Akademik, para Ketua Departemen, dan Ketua Program Studi FMIPA UI, serta para dosen pembimbing KN-MIPA 2021 yang merupakan para dosen FMIPA UI di bidang Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.