Mahasiswa FMIPA UI Raih 2 Medali Sekaligus dalam Kompetisi Sains Nasional

Prestasi membanggakan ditorehkan oleh Meutia Admiralda Andini mahasiswi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI), Program Studi (Prodi) sarjana Biologi angkatan 2018.

Pada 20 April 2022 lalu, Meutia berhasil meraih dua medali sekaligus dalam FKIP UISU Science Competition (FUSC) yakni sebuah kompetisi sains tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Kejuaraan Sains Nasional (Puskanas) dan berkolaborasi dengan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU).

Dalam kompetisi yang diselenggarakan secara daring tersebut, Meutia membawa pulang medali emas untuk cabang olimpiade bahasa Inggris dan medali perak dalam cabang olimpiade biologi.

Ketertarikan Meutia pada bidang Biologi dan Bahasa Inggris menjadi motivasinya untuk berpartisipasi dalam ajang ini. Selain sebagai mahasiswa, Meutia juga aktif mengajar mata pelajaran Biologi dan Bahasa Inggris untuk siswa siswi SD/SMP/SMA, sehingga hal tersebut pula yang membuat Meutia semakin terbiasa dalam menghadapi berbagai soal-soal.

Hal lain yang menjadi dorongannya untuk mengikuti kompetisi tersebut adalah keinginan untuk menantang diri sendiri sekaligus mengukur, dan mengasah kompetensinya pada cabang ilmu yang digelutinya tersebut.

“Sebenarnya motivasi terbesarku adalah karena kegagalan di kompetisi serupa sebelumnya. Selain itu,  aku juga ingin memanfaatkan waktu tahun terakhirku sebaik mungkin dengan menambah achievement. Aku berprinsip untuk coba dulu saja karena kalau nggak dicoba, kita nggak akan dapat achievement apa-apa”. ujar Meutia.

Meskipun sudah terbiasa menghadapi soal-soal, namun ia mengaku masih saja menemukan kendala dalam mengerjakannya. Kendala utama menurutnya adalah rasa takut gagal dan kerap kehilangan kepercayaan diri.

“Selain tingkat kesulitan soal, menurutku tantangan lainnya lebih ke mental, terutama untuk mengatasi rasa panik dan tetap percaya diri kalau kita bisa mengerjakan soal-soalnya dengan baik,”imbuhnya.

Selain Kompetisi cabang Biologi dan Bahasa Inggris, FUSC (FKIP UISU Science Competition) juga membuka kompetisi pada 9 cabang bidang ilmu lainnya untuk kategori SMA/MA/SMK/mahasiswa, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Ekonomi, Geografi, Kebumian, Astronomi, Bahasa Indonesia, dan Informatika.

Adapun kompetisi ini digelar dengan tujuan memotivasi generasi muda Indonesia untuk meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik; menerapkan pengetahuan bidang sains dalam kehidupan sehari- hari; menjadi sarana evaluasi kemampuan generasi muda Indonesia; serta mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk berkompetisi pada Kompetisi Sains Nasional (KSN) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.