4 Peneliti FMIPA UI Masuk Jajaran Top 2% Scientist Worldwide 2023

Empat peneliti dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) masuk daftar Top 2% Scientist Worldwide 2023. Keempat peneliti tersebut yakni Prof. Dr.rer.nat. Rosari Saleh (Departemen Fisika), Prof. Dr. Yoki Yulizar (Departemen Kimia), M.Sc., Munawar Khalil, S.Si., M.Eng.Sc., Ph.D. (Departemen Kimia), dan Dr. Dipo Aldila, S.Si., M.Si. (Departemen Matematika).

Daftar 2% teratas ilmuwan di dunia ditulis oleh Prof. John P.A. Ioannidis, M.D., Ph.D. dari Stanford University. Edisi ini merupakan edisi kelima dari tulisan “Updated science-wide author databases of standardized citation indicators” yang dipublikasikan oleh Elsevier.

Top 2% Scientist Worldwide 2023 yang dipublikasikan oleh Stanford University dan Elsevier BV. Stanford University merilis database penulis ilmiah terkait indikator kutipan terbanyak yang terstandardisasi (standardized citation indicators) versi terbaru (Rabu, 4/10).

Database ini menyediakan informasi standar tentang metrik kutipan, seperti jumlah kutipan, h-index, co-authorship adjusted hm-index, dan indikator komposit (c-score).

Database tersebut mengelompokkan para ilmuwan ke dalam 22 bidang ilmiah dan 174 sub-bidang ilmiah berdasarkan klasifikasi standar Science-Metrix. Pemilihan didasarkan pada 100.000 ilmuwan teratas berdasarkan c-score (dengan dan tanpa kutipan sendiri) atau peringkat persentil 2% atau lebih di sub-bidang tertentu.

Total dosen dan peneliti UI yang masuk dalam pengkatagorian Top 2% Scientist Worldwide 2023 berjumlah sembilan orang. 2 orang berasal dari Fakultas Kedokteran (FK), 3 orang berasal Fakultas Teknik (FT), dan 4 laiinya merupakan dosen dan peneliti dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).