Konsisten dalam Meningkatkan Manajemen Mutu, FMIPA UI Kembali Raih Sertifikasi ISO 9001:2015

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) kembali meraih sertifikasi sistem manajemen mutu ISO (International Organization for Standardization) ISO 9001 : 2015. Sertifikasi ISO pada tahun ini dikeluarkan oleh DQS, sebuah lembaga sertifikasi ISO 9001 : 2015 yang berbasis di Jerman.

Dekan FMIPA UI Dede Djuhana Ph.D. mengatakan bahwa diraihnya sertifikai ISO 9001 : 2015 ini adalah wujud konsistensi FMIPA UI dalam memelihara dan meningkatkan manajemen mutu pada proses bisnis yang berlaku di lingkungan Pusat Administrasi FMIPA UI. Selain untuk meningkatkan produktivitas, hal itu, kata Dekan, adalah untuk meningkatkan citra positif dan meningkatkan kepercayaan para pemangku kepentingan (stake holders) kepada FMIPA UI.

“FMIPA UI berkomitmen untuk terus mengimplementasikan, mengoptimalkan manajemen mutu, dan memberikan layanan berkualitas sesuai standar internasional kepada para pemangku kepentingan (stake holders), mudah-mudahan dengan sertifikasi ISO yang kita miliki ini, sekaligus dapat meningkatkan kepercayaan stake holders kita terhadap FMIPA UI, ” kata Dekan kepada tim Humas FMIPA UI.

Dekan mengapresiasi dan berterima kasih kepada jajarannya dan seluruh pihak yang bekerja keras demi diperoleh sertifikasi ini. Namun beliau memperingatkan kepada jajarannya untuk tidak berpuas diri dan tetap konsisten dalam mengimplementasikan sistem manajemen mutu yang telah dibangun secara bersama-sama dengan baik.

“Jangan berpuas diri, kita tetap jaga komitmen dan konsistensi kita untuk merawat sistem yang sudah kita buat dengan baik ini supaya dapat dijalankan berkelanjutan,” ujarnya.

“Perlu juga kita melakukan monitoring secara berkala,” kata Dekan menegaskan.

Sejak tahun 2015 FMIPA UI telah berkomitmen untuk mendapatkan sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Dan untuk pertama kalinya, FMIPA UI telah mendapatkan sertifikasi tersebut pada Desember 2016.

Sama seperti sertifikasi sebelumnya, sertifikasi ISO 9001:2015 pada tahun ini diraih oleh FMIPA UI setelah melewati serangkaian proses. Awal kegiatan ISO 9001:2015 untuk FMIPA UI ini ditandai dengan pelatihan awareness sistem manajemen mutu pada tanggal 6 Juli 2022 untuk mengenalkan dan menyatukan pemahaman tim tentang ISO 9001:2015.

Selanjutnya penyusunan dokumen Prosedur Operasional Baku (POB) untuk proses kerja atau prosedur yang akan berjalan, dan penyesuaian pada beberapa POB sebelumnya oleh tim khusus.

Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan audit mutu internal kepada auditee yang merupakan pelaksana prosedur dalam unit masing-masing pada Tanggal 25 dan 26 Agustus 2022 Hal ini dilakukan untuk melakukan evaluasi, dan memeriksa sejauh mana unit-unit tersebut menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015. Para auditor mutu internal sebelumnya telah menjalani pelatihan khusus.

Setelah seluruh POB disahkan oleh Dekan, tahap selanjutnya yakni audit eksternal oleh Bapak Annas Sangadji selaku auditor dari PT. DQS Certification Indonesia di ruang rapat A FMIPA UI, Kampus UI, Depok, pada tanggal 1 September 2022 untuk stage 1 dan 8 September 2022 untuk stage 2.

Berdasarkan audit eksternal tersebut, FMIPA UI direkomendasikan untuk mendapatkan kembali sertifikat ISO 9001: 2015, yang artinya FMIPA UI telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu.